Sunday 27 June 2010

resiko kriminalitas di dunia maya

Pengguna internet harus membekali diri mereka dengan pengetahuan tentang resiko kriminalitas di dunia maya

Banyak orang tidak menyadari bahwa dunia maya adalah dunia yang tidak aman. Oleh karena itu waspadalah!

-Pengguna internet harus membekali diri mereka dengan pengetahuan tentang resiko kriminalitas di dunia maya. Kejahatan semakin merajalela dengan bertebarnya virus, dan serangan hacker yang menjadi alat bagi kejahatan terorganisasi. Demikian kata Joseph Menn, wartawan dan penulis senior bidang teknologi.

"Internet pada dasarnya rusak. Dan bukan hanya rusak, bahkan tidak bisa diperbaiki," kata Menn.

"Ia didesain tanpa pertimbangan keamanan. Ia didesain untuk tujuan yang lain, yaitu memastikan bahwa orang dapat berkomunikasi tanpa halangan satu pun," kata mantan wartawan LA Times dan Bloomberg lulusan Harvard itu.

Para penjahat di dunia maya terus menerus mengembangkan kemampuan teknis mereka, dengan menginvestasikan kembali keuntungan yang didapat.

Menurut Menn, cara terbaik untuk mengatasinya adalah investasi membuat sistem protokol baru. "Diperlukan cara bagi komputer-komputer untuk bisa berkomuikasi dengan aman. Baik itu finansial, komersial maupun militer, harus melewati sebuah jaringan baru," katanya, sebagaimana dikutip media Rusia (12/2).

Dalam situs yang dibuat khusus untuk bukunya "Fatal System Error", Menn memberikan tips singkat agar pengguna internet bisa relatif aman berada di dunia maya.

Cara paling aman adalah menghindari transaksi keuangan online, tidak menyimpan password, informasi rekening atau material sensitif lain dalam komputer yang terkoneksi dengan internet.

Jika Anda ingin melakukan transaksi bisnis secara online, sebaiknya hanya dilakukan dengan beberapa situs yang dikenal baik saja. Jangan gunakan kartu debit. Pilihlah bank yang menawarkan "dua faktor" otentikasi dan memberikan jaminan atas kerugian penipuan yang Anda alami. Anda harus mengecek setiap rekaman transaksi bank atau kartu kredit dengan teliti, bahkan untuk transaksi sebesar 1 dollar atau kurang dari itu, yang kemungkinan dilakukan untuk mengecek validitas kartu atau rekening. Gunakan password berbeda untuk setiap situs. Dan karanglah pertanyaan palsu dengan jawaban yang mudah diingat ketika membuat security questions.

Selain itu, jalankan selalu fasilitas update otomatis pada operating system dan antivirus komputer Anda. Perbaharui security patch di setiap program yang biasa Anda pakai. Sebaiknya tidak mengunjungi situs-situs yang tidak dikenal. Untuk mengetahui kabar terakhir seputar keamanan dunia maya, bacalah situs seperti CNet.com atau Wired.com.

Berhati-hatilah jika bergaul di situs jejaring sosial. Terapkan sistem keamanan ekstra tinggi pada diri Anda. Ingatlah selalu, jika Anda terkoneksi dengan lebih dari 20 orang, bisa jadi salah satunya adalah komputer "khusus" yang dirancang untuk melakukan tindak kejahatan. Hati-hati terhadap segala fasilitas yang meminta daftar nama keluarga, karena bisa digunakan untuk melacak nama ibu kandung Anda--yang biasa digunakan sebagai verifikasi data di bank atau akun penting lainnya. Tidak ada gunanya memberikan informasi yang benar tentang tempat dan tanggal lahir Anda.

Korban yang berjatuhan akibat menggunakan internet sudah banyak. Namun bukan berarti kita takut menggunakannya. Yang diperlukan adalah kewaspadaan, jangan mengundang resiko hanya sekedar untuk mengikuti trend di dunia maya, dunia yang semi semu.



0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar di sini

 
Powered by Blogger