Sunday 27 June 2010

kanker leher rahim

kanker leher rahim (kanker serviks)

Kanker serviks merupakan kanker yg terjadi pada area leher rahim atau srg d kenal dgn serviks. Serviks ini merupakan bagian yg berhubungan dgn vagina. Kanker serviks merupakan kanker nomor 2 yg srg menyerang wanita di seluruh dunia & jga kanker nomor 2 yg paling srg menyebabkan kematian.

Di Indonesia sendiri, diperkirakan 41 kasus baru kanker serviks terjadi tiap harinya dan 20 wanita d antaranya meninggal dunia. Tingginya angka ini disebabkan oleh rendahnya pengetahuan dan kesadaran akan bahaya kanker serviks.

Penyebab dari kanker ini ialah virus, yaitu Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi HPV paling srg terjadi pada wanita dgn rentang usia antara 18 s.d 28 tahun. Perkembangan HPV ke arah kanker serviks pada infeksi pertama tergantung pada jenis HPV-nya. HPV tipe resiko rendah atau tinggi dapat menyebabkan kelainan yg disebut pra-kanker.

Tipe HPV beresiko rendah hampir tidak beresiko, namun berpotensi menyebabkan genital warts. Walaupun sebenarnya infeksi HPV akan sembuh dgn sendirinya dalam 1 - 2 tahun karena adanya sistem imunitas, namun infeksi yang menetap oleh HPV resiko tinggi akan dapat mengarah pada kanker serviks.

Wanita yg berhubungan seksual d bawah usia 20 tahun serta sering berganti pasangan beresiko tinggi terkena infeksi. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan pada wanita yg tetap setia pada 1 pasangan saja.

Ditemukan penyebab utama kanker serviks di Indonesia adalah pembalut berkualitas buruk. Menurut WHO, Indonesia merupakan negara penderita kanker serviks no. 1 d dunia dan 62 % nya disebabkan oleh pembalut berkualitas buruk.

Akan tetapi, kanker serviks ini dapat dicegah dengan beberapa cara. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan.??? hehe, ini dy cara-caranya :
1. Mengkonsumsi sayuran pembasmi HPV.
2. Jangan MEROKOK.!!
3. Tingkatkan akurasi pemeriksaan PAP SMEAR
4. Vaksin HPV

oke, catatan ini skedar share aja.. mudah-mudahan membawa manfaat bwat qt (terutama kaum wanita).. Amiin......



0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar di sini

 
Powered by Blogger