Sunday 27 June 2010

PIRING MALAWEN DAYAK

PIRING MALAWEN DAYAK(MALAWEN DRAGONPLATE DAYAK'S)

Malawen Dragonplate Dayak's known is made by forefather dayak people. it's generally shown pict dragon or fish. dayak forefather is from CHINA. they are migration 300 until 500 years ago from China to Kalimantan Island because stay away (hide)from Jenghis Khan Kingdom.

Piring Malawen dikenal oleh orang dayak piring kuno peninggalan nenek moyang mereka. piring malawen asli peninggalan nenek moyang orang dayak biasanya bergambarkan binatang yang dianggap keramat seperti gambar naga atau gambar binatang yang memberikan kesejahteraan bagi mereka contohnya gambar ikan.

Piring malawen mereka anggap mempunyai khasiat atau kelebihan seperti anti basi makanan dan dapat digunakan untuk pengobatan. Mereka percaya bahwa air santan kelapa yang ditaruh di piring malawen selama 3 hari dapat berkhasiat untuk mengobati luka atau patah tulang.

Umumnya piring malawen bertuliskan huruf China, karena nenek moyang orang dayak aslinya merupakan penduduk China yang berpetualang untuk mencari tempat yang lebih aman dari kekejaman Jengis Khan.

Mereka merupakan masyarakat yang sudah maju, namun karena lingkungan hutan yang tidak mendukung membuat keturunannya terpaksa kembali menjadi masyarakat yang primitif.

Beberapa orang masih berpikiran bahwa orang dayak merupakan orang yang berbahaya, mitos bahwa orang dayak memakan manusia merupakan mitos jaman dahulu kala yang tidak bisa digunakan dijaman ini. Orang dayak yang sebenarnya sangat ramah, dan sangat bersahabat.



Jadi bagaimana menurut anda tentang piring malawen? piring kuno yang berumur kira-kira 300 tahun ini? saya punya satu piring malawen bermotif dua naga kecil, tetapi saya sendiri belum bisa mengetahui keasliannya.



0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar di sini

 
Powered by Blogger