Sunday 27 June 2010

7 Trik Alami Singkirkan Jerawat

7 Trik Alami Singkirkan Jerawat

Jerawat bisa menjadi hal yang sulit untuk ditangani, apalagi jika kulit Anda tergolong ke dalam jenis yang mudah berjerawat. Terkadang tidak banyak produk dipasaran yang benar-benar dapat membantu. Tidak peduli apapun yang Anda lakukan, jerawat terus saja muncul kembali. Daripada menghabiskan banyak uang dengan membeli berbagai macam produk perawatan yang belum tentu juga berhasil, mengapa Anda tidak mencoba menghilangkan jerawat dengan cara alami!




1. Apple Cider Vinegar

Meskipun banyak orang cenderung menggunakan cuka apel untuk mencegah jerawat, tetapi anda juga bisa menggunakan cuka biasa. Cuka cukup sempurna untuk membersihkan kulit dengan membunuh bakteri penyebab jerawat, menjaga keseimbangan pH kulit dan menyerap minyak berlebih. Mulailah dengan menbersihkan kulit wajah terlebih dahulu. Lalu encerkan cuka dengan perbandingan delapan bagian air untuk satu bagian cuka. Aplikasikan pada kulit Anda dengan menggunakan kapas dan biarkan mennyerap. Jeruk nipis atau jus lemon juga dapat digunakan sebagai pengganti cuka, karena kedua buah ini kaya akan kandungan asam sitrat.

2. Baking Soda

Baking soda merupakan exfoliant yang sangat baik untuk kulit. Baking soda dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara lembut, tanpa banyak mengandung bahan kimia yang biasanya terdapat pada scrub dan exfolian lainnya. Campurkan baking soda dengan sedikit air, lalu aduk rata hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada wajah sambil dipijat secara lembut selama 10-15 detik. Lalu bilas wajah hingga bersih.

3. Putih telur

Putih telur kaya akan protein sehingga dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat pada kulit Anda. Ambil satu butir telur, lalu pisahkan kuningnya. Kocok lepas putih telur, dan aplikasikan pada seluruh wajah Anda. Biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Oatmeal

Oatmeal sangat bagus untuk menghilangkan kotoran, menyerap minyak berlebih dan juga membantu menghilangkan jerawat. Masak oatmeal seperti yang biasa Anda lakukan saat membuatnya untuk sarapan. Setelah dingin, aplikasikan oatmeal pada wajah Anda sebagai masker dan diamkan selama 10 menit. Bilas dan keringkan dengan handuk lembut dengan cara mengetuknya secara perlahan.



5. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil sangat ampuh untuk mengatasi jerawat membandel. Anda bisa mendapatkan minyak ini di setiap toko obat. Cukup oleskan tea tree oil pada area kulit yang berjerawat atau Anda juga bisa menggunakannya pada seluruh wajah Anda. Namun sebelumnya encerkan terlebih dahulu tea tree oill ini dengan minyak jojoba.

6. Panthotenic Acid (Vitamin B5)

Panthotenic Acid sangat baik digunakan untuk membersihkan jerawat. Namun penggunaannya harus dalam jumlah besar agar efeknya lebih dapat dirasa. Panthotenic Acid ini bekerja dengan membantu metabolisme lemak tubuh Anda, dimana biasanya lemak ini akan berubah menjadi sebum dan akhirnya dikeluarkan melalui kulit.

7. Aloe Vera

Tak hanya dapat mengatasi luka bakar, aloe vera ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan kulit dari bekas jerawat. Caranya sangat mudah. Cukup aplikasikan sedikit gel aloe vera pada bekas luka, sehari sekali sampai bekas luka menghilang.



0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar di sini

 
Powered by Blogger