Wednesday 7 July 2010

NASA Jual Pesawat Atlantis Seharga Rp270 Miliar

FLORIDA - Anda sedang mencari kendaraan pribadi dengan sejarah dan kecepatan luar biasa? Mungkin Anda bisa datang ke markas NASA di Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat (AS).

Saat ini Badan Antariksa AS itu sedang menawarkan pesawat Atlantis. Harga yang ditawarkan memang tidak murah karena bisa membuat kantong Anda jebol.Untuk mendapatkan Atlantis, Anda harus siap merogoh kocek sebesar USD30 juta (Rp270 miliar). Atlantis merupakan satu dari tiga pesawat ulang alik yang akan dipensiunkan AS tahun ini. Pesawat lain adalah Discovery dan Endeavour.Nasa jual pesawat antariksa

"Ada beberapa pesawat ulang alik yang unik, dan Atlantis adalah salah satunya. Ketiga pesawat bisa difungsikan lagi," jelas Juru Bicara NASA Allard Beutel.

Sejarah panjang Atlantis di jagat angkasa akan berakhir begitu pesawat tersebut mendarat di markas NASA Kennedy Space Center, Florida, pukul 08.48 kemarin waktu setempat (semalam WIB). Pesawat yang sudah melanglang buana di angkasa sejak 1985 tersebut selanjutnya akan dimuseumkan.

Persoalan timbul karena NASA tidak memiliki cukup dana dan tempat untuk merawat pesawat tersebut. NASA pun kini menawarkan Atlantis ke museum serta siapa pun yang ingin memiliki pesawat itu. Sekitar 20 museum dan institusi dari berbagai negara sudah menyatakan ketertarikannya untuk memiliki Atlantis.

Institusi itu di antaranya Smithsonian Institution’s National Air and Space Museum di Washington, Intrepid Sea, Air and Space Museum di New York City, serta Kennedy Space Center Visitor Complex di Florida.

"Kita tidak menjualnya dalam waktu dekat. Ingat itu. Kami harus membersihkannya dan membuatnya nyaman terlebih dahulu," tambah Beutel.

NASA sudah berencana menempatkan pesawat tertua Discovery di Smithsonian. Museum ini menjadi 'rumah peristirahatan' bagi sejumlah pesawat ruang angkasa seperti Mercury, Gemini, dan Apollo.

sumber:http://techno.okezone.com/read/2010/05/27/56/336824/nasa-jual-pesawat-atlantis-seharga-rp260-miliar

0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar di sini

 
Powered by Blogger