Friday 29 April 2011

Burung Mata-mata Pentagon ,Baru-baru ini Lembaga Pertahanan AS di Pentagon mengembangkan sebuah robot mini yang bisa terbang untuk kegiatan mata-mata. Bentuknya mirip burung kolibri lengkap dengan sayapnya yang mengepak saat terbang. dengan Bentangan sayapnya hanya 6,5 inci atau sekitar 18 cm dan beratnya cuma 19 gram atau lebih ringan dari sebuah baterai standar AA.bobot tersebut sudah termasuk dengan mesin motor penggerak, sistem komunikasi, dan kamera video.
burung mata-mata pentagon
Proyek yang diberi nama Nano Aerial Vehicle (NAV) ini dibiayai oleh Lembaga Riset Pertahanan AS/Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)yang merupakan lembaga riset pertahanan milik Departemen Pertahanan AS, menggandeng Monrovia dan AeroVironment Inc.
Dengan bentuk yang seperti burung dan berukuran kecil, robot tersebut dapat melakukan manuver lebih lincah, bahkan mungkin menerobos jendela atau bertengger di kawat listrik. dapat terbang vertikal, ke kanan, ke kiri, maju, dan mundur. Robot tersebut dapat terbang hingga kecepatan 17 kilometer per jam.Karena Dirancang sebagai robot mata-mata, pada bagian badan burung tersebut dilengkapi kamera untuk merekam suasana sekitar.tidak hanya itu burung mata-mata inipun juga dilengkapi teknologi Nano Scout (Nano Sensor Covert Observer in Urban Terrain) yang memungkinkan burung tersebut dapat dikontrol dari jarak jauh.
Riset pembuatan robot tersebut menghabiskan waktu lima tahun sejak tahun 2006 dan dana sebesar 4 juta dollar AS.

0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar di sini

 
Powered by Blogger