Saturday 24 July 2010

Manusia Kutil Dari SAMBAS

SAMBAS, KOMPAS.com - Abdul Hadi, warga Desa Selakau, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas, mengalami kelainan pada bagian tubuhnya karena ditumbuhi bintil besar dan kecil mirip penyakit kutil.
Abdul Hadi yang ditemui di Selakau, mengataka, bintilan itu tumbuh sejak ia berusia belasan tahun. "Saya tak menyangka penyakit ini terus berkembang sampai sekarang," kata dia.

Ia sangat menderita karena penyakit tersebut. Apabila bintil itu dia garuk, akan keluar darah. Karena itu, ia semakin takut dan cemas.

Dia sudah berusaha berobat ke dokter untuk menyembuhkan penyakit anehnya itu. "Tetapi saya hanya diberikan obat sekadarnya oleh dokter," kata Abdul saat ditemui di rumahnya.

Ia pernah diperiksa dokter ahli di rumah sakit, dan menurut hasil pemeriksaan, ia menderita penyakit TBC kulit. "Saya tak mengerti penyakit apa itu, karena saya orang kampung," katanya. Namun dia berharap untuk bisa sembuh dari penyakit yang sudah lama dideritanya itu.

Abdul Hadi yang telah memiliki tiga anak itu kesehariannya diisi dengan bertani. Meskipun sakit, namun rasa itu tidak lagi dia pedulikan. "Yang terpenting saya bisa menjalankan aktivitas sehari-hari," kata Abdul Hadi yang juga ketua rukun tetangga di lingkungannya.

Warga sekitar, menurut ia, tidak pernah mengejek atau memandang rendah terhadap dia. "Warga di sini sudah terbiasa dengan pemandangan di tubuh saya," katanya.

Dia juga tidak merasa rendah diri untuk menjalani hidup sehari-hari. Pemerintah setempat juga belum memberikan perhatian yang serius terhadap penyakit yang dideritanya itu. "Saya pasrah saja, semuanya telah terjadi," katanya.

0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar di sini

 
Powered by Blogger