Tuesday 13 July 2010

Mutualisme Antara Ikan Kerapuh Dengan Ikan Dokter Kecil

Simbiosis Mutualisma Dibawah Laut.. Antara Ikan Kerapu Dengan Ikan Dokter Kecil.. [PICT].. Ikan kecil seperti itu akan sadar berenang ke rahang menganga dari ikan kerapu lapar. ikan tampak berwarna biru cerah sekali tak menyadari akan nasibnya dimana ikan besar tampaknya siap menerkam. Tapi, meskipun begitu, makhluk laut kecil lolos tidak terluka. Jauh dari makan siang ikan kerapu begitu kecilnya benar-benar bertindak sebagai sikat gigi.
Fotografer Belanda, 39, berkata: ‘ikan kecil itu benar-benar di dalam mulut ikan kerapu, namun sebenarnya tidak dimakan, justru sebaliknya. ‘Kerapu ini membiarkan ikan dokter kecil masuk ke mulut untuk membersihkan parasit. ‘Ini adalah hubungan simbiosis sepenuhnya berdasarkan pada kepercayaan. Mereka berdua mendapatkan manfaat: bagi kerapu menyingkirkan parasit, dan ikan dokter mendapatkan makan.

http://kangboed.files.wordpress.com/2010/04/simbiosis-2.jpg
Simbiosis Mutualisma Dibawah Laut.. Antara Ikan Kerapu Dengan Ikan Dokter Kecil.. [PICT]

“Kalau ikan kerapu memakannya, ia tidak akan dibersihkan. “Biasanya jika Anda mendekati kerapu yang dekat, mereka cenderung berenang menjauh. Tapi yang satu ini membuat saya sangat dekat, dan dalam posisi rentan juga.
“Aku melihat dua ikan dari belasan meter jauhnya, dan memiliki firasat akan terjadi begitu aku mendekat, dan hanya menunggu untuk melihat apa yang terjadi. “Setelah mereka terbiasa dengan kehadiran saya, kerapu membiarkan ikan itu membiarkan untuk membersihkannya. Ini semua dilakukan dengan bahasa tubuh. “
Dengan kerapu tumbuh sebesar lebih dari satu meter panjang dan berat lebih dari £ 220, itu sama saja mereka adalah teman. Mr Bosman, dari Amsterdam, perjalanan di seluruh dunia dengan istrinya Julie, juga fotografer, untuk menangkap kehidupan di bawah air.
Simbiosis Mutualisma Dibawah Laut.. Antara Ikan Kerapu Dengan Ikan Dokter Kecil.. [PICT]

Dia berkata: ” fotografi di bawah air merupakan spesialisasi kami. Kami melakukan perjalanan sekitar dua bulan ke tempat yang jauh untuk mengambil foto kehidupan bawah air. “Kami baru-baru ini difoto Sperm Whales di Dominika, Tiger Sharks di Bahamas dan makhluk kecil di Indonesia.
“Kami telah melakukan hal itu sejak tahun 1994. Kami berdua benar-benar seperti sukacita mencoba menemukan hewan tertentu dalam air, dan kemudian mencoba untuk mengambil foto yang baik. ‘fotografi bawah air adalah cara bagi saya dan istri saya untuk beristirahat dan bersantai.

0 comments:

Post a Comment

silahkan komentar di sini

 
Powered by Blogger